. Teknologi Informasi™: Januari 2011
======================================= WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME =======================================
Google Google arif-novendi.blogspot.com

Kamis, 27 Januari 2011

Vatalla Animasi Karya Anak Bangsa Indonesia

Vatalla Sang Pelindung



Berbicara mengenai film animasi 2D, Indonesia memang masih ketinggalan dibandingkan dengan di negara-negara maju seperti Jepang atau Amerika Serikat. Padahal Indonesia sebenarnya bukannya tidak mampu untuk itu. Lihatlah iklan-iklan komersil di stasiun TV semacam iklan es krim yang disajikan dengan teknologi animasi 2D yang cukup memukau (bahkan salah satu merek terkenal memiliki serial animasi 2Dnya tersendiri yang diputar di bioskop dan diedarkan dalam bentuk kepingan VCD/DVD). Anda mungkin juga masih ingat dengan beberapa kisah-kisah dongeng seperti Timun Mas yang pernah diedarkan dalam bentuk OVA pada era 90an ataupun Red Rocket Animation yang pernah berjaya pada awal 2000an dengan memproduksi animasi Gatot Kaca. Begitupula dengan film-film animasi 2D yang pernah menghiasi layar kaca seperti Si Huma, Satria Indonesia, Dongeng Aku dan Kau, Kisah Wali Songo, Tupi & Ping-Ping, Aku Tahu, dan mungkin entah sederet judul apalagi yang mungkin luput dari ingatan kita. Jangan lupakan pula dengan insan-insan yang bergerak di jalur Indie yang juga memproduksi animasi-animasi yang meskipun sederhana namun tetap memukau seperti Grammar Suroboyo.
Kini demi memperkaya khazanah akan dunia animasi 2D di Indonesia, di penghujung tahun 2010 ini Stasiun Televisi TRANS7 (sebelumnya TV7) yang pernah terkenal dengan menayangkan banyak film-film animasi asal Jepang pada awal era 2000an kembali membuat gebrakan dengan mempersembahkan serial animasi 2D terbaru karya anak bangsa berjudul Vatalla Sang Pelindung.

Produksinya melibatkan banyak insan kreatif dari seluruh penjuru Indonesia seperti animator, illustrator, musisi, sineas, designer, pelajar dan mahasiswa. Tercatat sekitar 6 Studio besar terlibat serta mensupport produksi ini. Sebut saja URAKUREK studio animasi (Mahabrata) dari Yogyakarta yang digawangi oleh Joko Subrata, Bachroel Ilmi, Kris Haryono, Yamroni & Apriyadi dipercaya menggarap produksi animasinya, ditambah 9 MATAHARI (Cinta) dari Bandung, KALIKARTOON studio dari Banten, serta beberapa animator dari Flores, Bangka Belitung, Padang dan Kalimantan ikut serta di dalamnya. Dan beberapa studio ilustrasi seperti JOTTER dari Bandung, PAPPILON Comic dari Semarang, CERGAM CENTER, beberapa siswa SMK dari Malang dan mahasiswa dari beberapa kampus seperti IKJ & ISI ikut serta dalam penggarapan animasi ini. Begitu juga dengan dukungan artis-artis komik Indonesia yang sudah go internasional seperti Arif Priyanto, Rhoald Marcelius dan Fahriza Kamaputra dari IFS studio (Witchblade, Darkness, Batman) serta Afif Numbo dan Rudi Crut dari CARAVAN Studio (Transformers, GI Joe, Drafted) ikut terjun di dalam produksi ini. Tak kalah serunya dengan Visual, Tim audio digawangi oleh beberapa Artist untuk scoring artisnya, sebut saja Arya Prayogi (Merantau) dan Hari ikut menghentak serial ini. Begitu halnya dengan para dubber, serial ini diramaikan oleh para dubber yang telah mengisi seri-seri anime internasional. Diantaranya Siti Balqis (Avatar), Diah Sekartaji (Sailor Moon), Jessi Milianty (Samurai X), Papa Indro (Chicken Little), Hilman (Naruto) Kartika Indah Jaya (Meraih Mimpi) dan Pepenk, drummer dari NAIF ikut terlibat didalamnya.
VATALLA menceritakan lima remaja, Jaka, Vienetta, Arya, Fionna, Yudha dan seekor Siberian Husky bernama Wolfie yang tergabung dalam band ALIENS FIVE menemukan sebilah keris purba yang di dalamnya bersemayam 5 roh Gunung api yang konon menjaga sebuah legenda purba. Legenda tersebut bercerita sebuah dunia bernama Cyodyavalla yang sedang dilanda kehancuran. Bertekat untuk menyelamatkan dunia tersebut, mereka terseret ke sebuah petualangan menegangkan dan berbahaya mencari sekaligus melindungi jantung dunia Cyodyavalla. Mereka tidak ada pilihan, mencari kemudian melindungi jantung tersebut atau membiarkan dunia Cyodyavalla hancur bersama dengan musnahnya bumi.

Produksi ini diharapkan mampu memecah kebekuan dunia animasi Indonesia yang masih slow mover dan menjalin rasa kebersamaan antara pelaku animasi di seluruh Indonesia.Tujuannya adalah mensinergikan semua elemen kreatif bangsa untuk berpijak kepada kesadaran bahwa kita adalah bangsa yang besar. Bangsa yg bisa berdiri di kakinya sendiri.

Sebuah proyek yang ambisius kelihatannya. Dengan melibatkan berbagai pihak yang beragam dan mumpuni, proyek ini nampak bukan hanya sekedar sebuah proyek “animasi karya anak bangsa” saja namun juga sebuah “Proyek Indonesia”. Bayangkan saja 6 studio animasi berpengalaman, ditambah Animator, illustrator, musisi, Sineas, designer, Pelajar dan Mahasiswa dari berbagai latar belakang profesi, pendidikan, sampai daerah seakan menunjukkan Indonesia yang "Bhineka Tunggal Ika" yang berbeda-beda baik itu latar belakang dan lain-lain tetapi satu. Satu tujuan, satu visi, satu misi, dan satu harapan demi memajukan dunia animasi di Indonesia. Bayangkan pula berapa banyak lapangan pekerjaan yang bisa tersedia lewat proyek ini dan berapa banyak tenaga SDM yang diberdayakan dalam proyek ini??? Menunjukkan bahwa film animasi adalah bisnis yang serius dan tidak main-main. Bukan cuma masalah kebanggaan nasional atau keren-kerenan saja. Namun juga sebagai tali perekat persatuan dan terbukanya lapangan pekerjaan.
Selain itu keputusan untuk membatasi jumlah episode menjadi hanya 13 episode saja dan didahului dengan penayangan striping 5 episode awal adalah langkah yang bijaksana. Kita tentu juga harus maklum bahwa animasi Indonesia belum menjadi tuan di rumahnya sendiri. Karenanya mencoba membuat episode banyak-banyak justru adalah langkah yang tidak bijaksana. Karenanya jumlah 13 episode adalah pilihan yang cukup bijaksana ditambah dengan penayangan striping 5 episode awal terutama di masa liburan bisa menjadi ajang perkenalan sejenak sebelum kita benar-benar terbawa masuk ke dalam dunia Vatalla. Tentu rumor sudah muncul bahwa jika proyek ini sukses maka akan dibuat musim keduanya yang juga berjumlah 13 episode. Tentu saja kita sangat berharap supaya proyek ini bisa sukses besar dan menjadikan animasi Indonesia bisa menjadi tuan di rumahnya sendiri (atau paling tidak diterima di rumahnya sendiri), meskipun andaikan proyek ini sukses mudah-mudahan pihak kreator tidak menjadi tinggi hati dengan melanjutkan penayangannya sampai sepanjang mungkin dan tidak tamat-tamat yang akhirnya justru malah menjatuhkan kualitasnya sendiri. Karenanya 2 musim dengan jumlah 26 episode menurut saya pribadi cukup untuk proyek awal ini.

Dari segi animasinya, film ini boleh dibilang sebagai yang terbaik yang bisa dibuat oleh anak-anak Indonesia. Dengan mengerahkan berbagai studio dan talenta-talenta berpengalaman jadilah sebuah animasi yang cukup apik dan memukau untuk ditonton. Memang jika dibandingkan dengan animasi dari Amerika atau Jepang mungkin masih kalah jauh. Tapi sebagaimana pepatah "Roma tidak dibuat dalam semalam" maka hal itu bisa dimaklumi karena dari segi kuantitas dan jam terbang, serta pengalaman saja dunia animasi di Indonesia masih belum cukup banyak. Karenanya akan terkesan tidak adil jika harus dibanding-bandingkan dengan Jepang atau merika Serikat yang sudah memiliki sejarah film animasi yang panjang dan didukung dengan dana yang besar. Dan merekapun dulu memulai semua itu dengan teknologi dan kualitas yang masih sangat sederhana sekali sebelum akhirnya menjadi semaju sekarang. Karenanya andaikan proyek ini sukses maka diharapkan menjadi awal untuk semakin banyaknya animas-animasi produksi Indonesia yang tidak kalah bagusanya bahkan mungkin lebih baik lagi kualitasnya.
Selain itu bagian yang cukup untuk diamati adalah bagian penyulihan suaranya. Nampak sederet nama-nama penyulih suara papan atas yang sudah berpengalaman terlibat dalam proyek ini. Bahkan kali ini saya bisa kembali mendengar suara emas

Diah Sekartadji yang belakangan ini sudah lumayan jarang terdengar. Tentu saja sebagai anak yang dibesarkan dengan anime-anime yang disuarakan olehnya saya kembali menantikan kiprahnya di sini. Yang perlu diperhatikan di sini juga adalah Siti Balqis yang pernah berpengalaman mengisi suara Aang dalam anime Avatar -The Last Airbender-. Masalahnya dalam beberapa trailer yang sudah dimuat banyak suara-suara yang menganggap anime ini terkesan mirip Avatar akibat perawakan salah satu karakternya yang hampir mirip dengan Aang bahkan sampai ke suaranya (karena kebetulan disuarakan oleh orang yang sama). Semoga saja dalam realisasinya Kak Siti bisa lebih membawakan karakternya secara lebih hidup dan lepas dari bayang-bayang "mirip Avatar" yang selama ini dibicarakan beberapa orang.
Satu lagi fitur yang tak kalah menariknya (bahkan paling menarik menurut saya pribadi) adalah musical scorenya. Dengan digawangi oleh Arya Prayogi yang pernah berpengalaman mengerjakan musik untuk film laga Merantau, film anime ini diiringi dengan musik-musik yang memukau dan terasa megah sebagaimana yang terasa dalam trailer-trailer yang sudah tersedia. Tentu semoga dalam penayangannya nanti musik yang mengiringi bisa lebih baik daripada trailernya.
Pada akhirnya, bukan saja ucapan selamat tetapi juga terima kasih saya berikan kepada insan-insan berbakat yang sudah menghasilkan anime yang potensial ini. Baik itu Bung Alfi Zachkyelle sebagai kreator, Bung Oktodia Mardoko sebagai produser dan insan-insan anak bangsa lainnya yang ikut terlibat dalam anime ini. Kudos juga saya berikan kepada TRANS7 yang sudah dengan sangat berani ikut mendukung proyek besar (dan berisiko) ini dengan bertindak selaku penayang. Sebagai stasiun TV yang pernah punya sejarah gemilang dalam hal penayangan film animasi tentu kita juga berharap TRANS 7 tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Semoga ke depannya bisa menjadi pioner dan pula dalam menayangkan anime-anime berkualitas karya anak bangsa.

Read More..

Selasa, 25 Januari 2011


Tips Rahasia : Main Zynga Poker Facebook Menang Terus

Zynga Poker Mania, boomingnya poker Facebook begitu terasa sampai dimana-mana. Game yang satu ini memang sangat mengasyikkan dan membikin lupa waktu. Butuh ketrampilan yang sangat tinggi untuk memenangkan permainan di Zynga Poker Facebook. Berikut ini adalah beberapa tips andalan yang paling saya senangi.

Magic Card
Kenali kartu yang ada ditangan anda. Anda beruntung jika memiliki berikut ini AA, AK, JK, 10K, 5K, J10, J5. All in dan menangkan.

Special GIFT
Kenali lawan anda. Berapapun LEVEL lawan anda tidak akan ada masalah jika anda memiliki GIFT yang lebih mahal harganya. Tetapi trik ini biasanya sudah dimengerti oleh pemain yang memiliki level tinggi, sehingga biasanya menggunakan taktik merubah GIFT anda yang mahal dengan GIFT sekelas TISU yang murah. Tapi patut dicoba jika main dengan level pemula.

GOOD Position
Kenali posisi duduk lawan anda. Trik yang satu ini memang sangat saya sukai. Jika anda main dengan meja full pemain, maka posisi yang paling bagus untuk duduk adalah di posisi sebelah kanan Zynga Girl no2. Biasanya kartu yang keluar bagus-bagus. Tapi ingat, jika sudah menang 2x berturut-turut langsung STAND UP kemudian masuk lagi di meja atau cari meja yang baru. Trik yang satu ini layak untuk dicoba.

Create Other Account FB
Buatlah akun FB bayangan anda. Bagus kalo sampai lebih dari 2. Carilah meja yang hanya punya tempat duduk 5 saja. Mainkan ke 4 akun sekaligus. Gimana caranya? pasti banyak yang nanya hal ini. Caranya adalah gunakan 4 browser yang berbeda. Mozilla, Opera, Flock, Internet Explorer dan Browser yang lainnya. Sudahlah dijamin menang terus, tinggal tunggu korbannya datang sebagai pemain ke 5.

Play SITnGO
Setelah punya Akun FB yang beda-beda, mainkanlah SITnGO. Apasih SITnGO? SITnGO ini permainan poker model turnamen, dimana yang main dipungut biaya sesuai tarifnya, ada 1K sampe 1M, tetapi uang yang ada dimeja saat main adalah 1000. Pemenangnya adalah yang mampu bertahan sampai akhir. Bayangkan jika yang main adalah 3 Akun FB kita. Kita memiliki kemungkinan memenangkan semua Juara 1,2, dan 3. Dahsyat !!

Itulah beberapa trik rahasia bermain poker facebook yang dijamin kemenangannya, berdasarkan pengalaman pribadi. Dan masih banyak lagi trik yang masih perlu dipelajari dan masih dalam percobaan. Biar nanti diposting kembali jika betul-betul dahsyat. Selamat berjuang para Poker Mania !!

Read More..

Tips dan Info Zynga Holdem Poker

Cara mengatasi login failed (#0001) pada Zynga Poker

Bagaimana cara mengatasinya??
Ternyata cara mengatasi masalah ini tidaklah serumit yang kalian pikirkan.Yaitu caranya

Baca Selengkapnya....


Tips Rahasia : Main Zynga Poker Facebook Menang Terus

Zynga Poker Mania, boomingnya poker Facebook begitu terasa sampai dimana-mana. Game yang satu ini memang sangat mengasyikkan dan membikin lupa waktu. Butuh ketrampilan yang sangat tinggi untuk memenangkan permainan di Zynga Poker Facebook. Berikut ini adalah beberapa tips andalan yang paling saya senangi.
Baca Selengkapnya....

Read More..

Tips dan Info Point Blank

Cara Ampuh Ngecit Game Point Blank
Sebelum w memulai tutorial bagai mana cara cheat nya ada beberapa hal yang harus w ingetin :
1. Jangan buat gaya”an
2.jangan terlalu sering di pakai 3.obel di sebarkan luasakan dengan catatan tanpa memungut biaya sedikit pun .. alias not for sale ..

Baca selengkapnya...

Read More..

Sabtu, 22 Januari 2011

Manfaat Grafik Komputer

Ini merupakan lanjutan dari beberapa tugas softskill saya mengenai grafik komputer.Kita ketahui bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita terlepas dari grafik komputer.Grafik komputer mempunyai banyak manfaat tetapi juga memiliki kelemahan.Pada saat sekarang ini dengan kemajuan teknologi komputer dan ilmu grafis mungkin grafik komputer lebih banyak memiliki manfaat daripada kelemahannya.Untuk itu pada kesempatan ini saya akan menjelasan berbagai manfaat dari grafik komputer itu sendiri.

1 Di Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
2 Di Bidang Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
3 Di Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

Read More..

Minggu, 02 Januari 2011

Membuat Rubik 3D menggunakan Pelles C

Sebelumnya ini merupakan tulisan untuk membuat tugas grafik komputer khususnya mata pelajaran softskill.Grafkom tidak hanya sekedar mengolah gambar 2D tetapi juga berkembang menjadi grafik 3D.3D lebih menarik bagi user dan gambarnya pun lebih hidup apalagi bila ditambahkan suatu gerak.Baik vertikal,horizontal,kanan maupun kek kiri.Semuanya bisa diatur sesuai selera.

Pada tugas saya ini saya akan membuat suatu permainan 3D sederhana menggunakan bahasa pemograman Pelles C.Saya memilih untuk membuat 3D untuk sebuah game Rubik 3x3.Game rubik dipilih karena dapat dijadikan suatu permainan untuk menghilangkan stress,selain itu game ini juga dapat dijadikan untuk mengasah otak kita.Selain itu penggunaan bahasa Pelles C ini karena sebelumnya saya sudah diajarkan di lab pada saat praktikum,sehingga menurut saya sangat cocok untuk diterapkan dalam tugas ini.

Langsung saja,langkah yang pertama dilakukan dalam pembuatannya adalah kita harus membuka dahulu softwarenya,lihat gambar di bawah ini :

1 Peratama kita buka dulu pelles C,kemudian pilih menu new – project . Maka akan mucul tampilan seperti dibawah ini,maka langkah selanjutnya kita pilih saja LabTI OpenGL Wizard.



2 Setelah langkah pertama tadi terpenuhi maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini,Kita klik saja next – finish.



3 Maka akan mucul tampilan awal Pelles C,disini merupakan tempat kita untuk memasukan koding.Langsung saja masukan koding untuk pembuatan rubik.Kode program dapat didownload di sini Download Kode Program.txt




4 Setelah koding selesai dimasukan maka langkah selanjutnya tinggal kita compile koding tadi dan jalankan.


OUTPUT PGROGRAM



Bagaimana sangat mudah bukan penggunaan aplikasi ini,mungkin tulisan saya ini masih banyak kekurangannya,mohon berkenan memberikan kritik dan saran melalui komentar yang sudah saya sediakan di blog saya ini.Kritik dan Saran sangat bermannfaat guna kemajuan diri saya..Semoga bermanfaat

Read More..