. Teknologi Informasi™: Oktober 2011
======================================= WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME ============================================================================== WELCOME =======================================
Google Google arif-novendi.blogspot.com

Senin, 31 Oktober 2011

Cara Menaikan Bandwith Speedy

Bagaimana teknik mempercepat koneksi speedy, kami akan ulas kembali hal tersebut. Teknik ini bukan teknik hacking modem ataupun hacking speedy. Tidak ada cara ‘kekerasan’ yang kami pakai. Untuk rekan rekan di Telkom jangan khawatir teknik yang kami gunakan sekedar mengefektifkan kualitas bandwidth speedy. Murni perhitungan kecepatan dan software. Pada prinsipnya teknik ini bisa digunakan untuk tipe koneksi lainnya.

1. Cek latency ping dengan cara melihat kecepatan ping untuk alamat DNS/IP yang anda gunakan. Bila kecepatan ping masih diseputar 50ms berarti koneksi anda ke DNS masih relatif normal.
2. Cek juga hops tracert alamat DNS/IP yang anda gunakan. dengan perintah tracert.
DUa hal tadi bisa menggunakan perintah di command prompt.
Kami menemukan rata rata latency yang terbaik untuk speedy pada DNS
202.134.0.155/61.94.192.12.
Cari DNS-DNS telkom yang tercepat latency pingnya.dan paling sedikit hopsnya.
Menggunakan openDNS (208.67.222.222/208.67.220.220) meski dianggap aman dari spyware dan situs-situs yang berbahaya, tidak disarankan karena latencynya hingga 800ms.
3. Kecepatan tidak hanya dilihat dari akses anda ke DNS tapi juga penggunaan lokal DNS dan DNS cache sedikit banyak mengoptimalkan kecepatan akses. Terlebih bila Local DNS anda support terhadap koneksi offline.
4. Seringkali kita juga bermasalah terhadap cache yang tiba tiba penuh hingga menyebabkan akses ke DNS menjadi lambat. Atur supaya cache anda bisa refresh secara otomatis.
5. Banyak koneksi mengalami gangguan dalam pengiriman data, sehingga perlu diperlukan beberapa teknis shaping untuk mengatasi itu. Ini bisa dilihat dari perbandingan antara upstream dan downstream (non simetris loh) yang sekitar 1:1. Misal anda telah menerima data 1 MB dan Mengirim data 1 MB. Teknik shaping ini diperlukan untuk optimalisasi lanjutan.
6. Gangguan ini juga bisa diakibatkan karena posisi modem yang terinterfensi listrik. Ataupun kabel telepon yang berdekatan dengan kabel listrik. Cek SMR modem anda.
7. Menggunakan akselerator (SSH tunneling) ke server yang terdekat/terpendek.
8. Kami juga menggunakan prinsip kerja torrent/download mass, sehingga pada trafic yang penuh justru server bekerja secara optimal. Ini berhubungan dengan perhitungan cache temporary di server. (mirip squid lah di UNIX).

Demikian teknik percepatan koneksi speedy. Dengan teknik ini kami mencoba test kecepatan terhadap server di Eropa masih diatas 300 Kbps (kecepatan internasional).
teknik tambahan untuk mempercepat koneksi dengan mematikan QOS windows (menggeser dari 20% ke 0%). Mematikan sistem restore. Mendefrage harddisk anda, diskcleanup, dan menon-aktifkan automatic update.

Read More..

Sabtu, 29 Oktober 2011

Perencanaan Proyek Rekayasa Perangkat Lunak

Tulisan ini berisi beberapa hal yang perlu dikuasai oleh seorang Project Manager untuk dapat menyusun suatu rencana proyek rekayasa perangkat lunak. Tulisan ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh dokumen dalam perencanaan proyek rekayasa perangkat lunak.

Latar Belakang

Proyek Software adalah manajemen proyek yang berfokus hanya pada membuat dan mengupdate software. Sifat manajemen proyek haruslah seperti berikut ini:

- Menyeselsaikan masalah,

- Mengerjakan sesuatu hingga selesai,

- Memiliki batas waktu mulai dan selesainya,

- Membutuhkan resource/sumber daya dan waktu,

- Bagi beberapa orang merupakan kesempatan/opportunity dan menarik.

Untuk itu sebuah proyek software perlu di menej. Manajemen itu berupa persiapan pekerjaan, pelaksanaan rencana, mengendalikan proyek tersebut dan terakhir menutup proyek dengan sebuah kesimpulan, yaitu sukses.

  1. Initiating: proyek sedang dalam proses untuk dipilih/disetujui, disponsori, didanai, dan diluncurkan.
  2. Planning: perencanaan adalah proses yang berulang (perhatikan gambar). Perencanaan pada dasarnya menggambarkan proses bagaimana proyek akan dilaksanakan hingga selesai.
  3. Executing: setelah proyek direncanakan, tim proyek memulai pekerjaannya.
  4. Controlling: selama tim proyek mengerjakan tugasnya, project manager mengontrolnya.
  5. Closing: setelah proyek diselesaikan project manager akan menutup proyek software.

Banyak proyek gagal di awal, bukan di akhir. Artinya, persiapan adalah bagian yang sangat penting bagi proyek software. Persiapan diwujudkan dalam bentuk perencanaan proyek. Tulisan ini menjelaskan point kedua yaitu Planning.

Tujuan Perencanaan Proyek

Perencanaan proyek Rekayasa Perangkat Lunak dari berbagai sudut pandang kurang lebih memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Bagi Project Manager:
    1. untuk menggambarkan status proyek kepada manajer senior dan stakeholder,
    2. untuk merencanakan aktivitas tim proyek.
  2. Bagi anggota Tim Proyek: untuk memahami konteks pekerjaan.
  3. Bagi Manajer Senior:
    1. untuk memastikan apakah biaya dan waktu yang dialokasikan masuk akal dan terkendali,
    2. untuk melihat apakah proyek dilaksanakan secara efisien dan cost effective.
  4. Bagi Stakeholder:
    1. untuk memastikan apakah proyek masih berada pada jalurnya,
    2. untuk memastikan kebutuhan mereka sedang diakomodir oleh proyek.

Perencanaan proyek rekayasa perangkat lunak membahas berbagai tindakan atau pekerjaan yang perlu dilakukan oleh semua yang terlibat di dalam proyek, termasuk dokumen-dokumen yang sebaiknya dibuat. Dokumen Perencanaan Proyek Rekayasa Perangkat Lunak akan terdiri atas sub-sub dokumen berikut ini:

  1. Vision and Scope
  2. Statement of Work
  3. Resource List
  4. Work Breakdown Structure
  5. Project Schedule
  6. Risk Plan

Berikutnya tiap-tiap dokumen tersebut akan dibahas secara lebih terperinci.

Vision and Scope

Dokumen ini adalah hasil kerja pertama dari seorang project manager. Berikutnya dokumen ini akan menjadi tool utama bagi project manager untuk acuan bagi dokumen-dokumen dan proses-proses berikutnya. Dokumen Vision and Scope yang baik dapat mencegah terjadinya masalah-masalah yang dapat memakan biaya yang besar. Dengan menunjukkan dokumen ini, baik kepada stakeholder maupun anggota tim proyek, diharapkan pemahaman yang sama tentang proyek yang sedang berjalan dapat diraih. Dokumen ini dapat dibagi menjadi dua bagian,yaitu:

  1. Problem Statement

Bagian Problem Statement terdiri atas empat sub bab, antara lain:

  1. Latar belakang proyek

Sub bab ini menceritakan dengan cukup mendalam baik latar belakang masalah maupun penjelasan mengenai mengapa organisasi memutuskan untuk membangun software untuk mengatasi masalah tersebut. Pada sub bab ini diceritakan sebab munculnya masalah, sejarah organisasi dengan permasalahan tersebut dan mengapa akhirnya diputuskan untuk membangun software yang diproyekkan.

  1. Stakeholder

Pada sub bab ini akan diberikan daftar stakeholder yang dilibatkan dalam proyek. Mulai dari customer hingga manajer-manajer senior. Stakeholder ini bisa berupa nama atau jabatan. Tim proyek harus paham dengan siapa mereka bekerja dan apa bidang kerja mereka. Daftar juga dilengkapi dengan alasan dicantumkannya stakeholder tersebut. Untuk proyek-proyek besar tentu saja pencantuman nama tidak relevan karena akan menjadi terlalu panjang daftarnya.

  1. Pengguna

Sub bab ini berisi daftar calon pengguna software. Sama dengan stakeholder, bisa berupa nama atau jabatan. Daftar juga dilengkapi dengan alasan dicantumkannya pengguna tersebut.

  1. Resiko

Sub bab ini akan diisi dengan faktor-faktor yang mungkin menjadi pemicu munculnya masalah, seperti keterlambatan dan permasalahan lain. Resiko yang dimaksud pada sub bab ini bisa faktor internal maupun eksternal.

  1. Vision of the Solution

Bagian Vision of the Solution juga akan terdiri atas empat sub bab, yaitu:

  1. Vision statement

Tujuan vision statement adalah menggambarkan apa yang ingin dicapai setelah proyek berjalan. Di dalam sub bab ini disebutkan faktor-faktor apa yang harus terpenuhi untuk menandakan kapan proyek dinyatakan selesai. Selain itu tujuan dari proyek juga harus jelas disebutkan di dalam sub bab ini. Waktu terbaik untuk membuat vision statement adalah setelah tim melakukan proses Requirement Engineering.

Gambaran produk yang ingin dicapai tersebut akan menjadi batasan ruang lingkup (scope) yang harus diperhatikan oleh semua pihak yang terlibat di dalam project. Ruang lingkup ini membutuhkan biaya dan waktu tertentu. Project manager yang baik akan mempersembahkan software tepat seperti yang telah dijanjikan kepada stakeholder dan user, tepat pada waktunya dengan menghabiskan biaya (menerima bayaran) tepat sama dengan perjanjiannya dengan customer.

Mungkin ada pendapat bahwa memberikan sedikit bonus fungsi terhadap software, dengan asumsi bahwa stakeholder atau user akan menyukainya, maka pendapat itu adalah kesalahan. Antara ruang lingkup, waktu dan biaya/harga harus ada keseimbangan. Jika ada penambahan pada ruang lingkup, maka seharusnya ada penambahan waktu atau biaya, jika tidak maka akan menyebabkan ketidak adilan bagi tim proyek/pengembang. Begitu juga sebaliknya. Perubahan ruang lingkup mestinya diatur dengan Change Control System.

  1. Daftar fitur

Sebuah paket software umumnya dapat dibagi-bagi menjadi beberapa fitur. Jumlah yang umumnya dapat diterima adalah sekitar sepuluh fitur. Jumlah ini sudah cukup menggambarkan kompleksitas software namun tetap nyaman dibaca oleh tim pengembang. Tiap fitur sebaiknya ditulis dalam paragraph yang terpisah atau dalam bentuk pointer-pointer. Deskripsi fitur-fitur ini tidak perlu sangat detil, cukup beberapa kalimat yang menggambarkan penjelasan umum tentang fitur tersebut. Fitur-fitur ini mungkin mengalami penambahan atau pengurangan, sesuai dengan permintaan stakeholder. Jika perlu, sebuah fitur dapat dilengkapi dengan use case. Namun tentu saja use case dibuat agar cukup simpel untuk dipahami oleh semua stakeholder.

  1. Ruang lingkup tiap fase (jika perlu)

Terkadang deadline yang diberikan untuk mengerjakan sebuah proyek software membuat pengerjaan seluruh fitur yang diajukan tidak mungkin selesai. Oleh karenanya dibuat solusi untuk membagi software menjadi beberapa fase rilis. Software akan dirilis pada saat deadline tercapai, namun dengan fitur yang dikurangi. Sedangkan rilis berikutnya lah yang memuat semua fitur.

Fitur-fitur yang ada pada rilis awal seharusnya adalah fitur yang sifatnya lebih penting daripada fitur lainnya, menurut stakeholder. Hal semacam ini perlu dikonsultasikan kepada tim pengembang.

  1. Fitur yang tidak akan dibuat

Terkadang stakeholder meminta fitur yang memang harus dibuang/ditinggalkan karena tidak masuk akal untuk diselesaikan dalam waktu yang tersedia, atau karena sebab-sebab lain. Fitur-fitur semacam ini perlu dicantumkan pada sub bab ini. Ini dicantumkan untuk diketahui semua pihak agar ada kesepahaman dan agar semua setuju dengan penghapusan fitur ini.

Statement of Work

Statement of Work adalah dokumen yang menggambarkan semua produk yang akan dihasilkan selama proyek berjalan dan siaa yang akan mengerjakannya. Secara lebih detil, di dalam SOW akan dirinci:

  1. Daftar fitur yang akan dibuat; jika software akan dirilis dalam fase-fase, maka fiturnya juga harus dibagi ke dalam fase-fase tersebut.
  2. Deskripsi hasil kerja (work product: spesifikasi kebutuhan, source code, test plan, laporan defect, dll) yang akan dibuat.
  3. Estimasi usaha setiap work product tersebut.

Estimasi dibutuhkan agar proyek dapat berjalan dan selesai tepat waktu. Project manager perlu membantu timnya untuk membuat estimasi yang tepat. Sebuah pendekatan perlu diambil untuk menyeragamkan teknik estimasi ini. Salah satu teknik estimasi yang dapat dipilih adalah Wideband Delphi. Berikut ini langkah-langkah di dalam Wideband Delhi:

  1. Memilih tim estimasi

Project manager memilih seorang moderator dan tim estimasi yang terdiri atas 3 hingga 7 orang. Jika tim yang telah dipilih merasa bahwa dokumen Vision and Scope kurang memberikan informasi, maka project manager harus memperbaiki dokumen tersebut.

  1. Kickoff Meeting

Pada rapat ini, tim akan membuat sebuah Work Breakdown Structure dan mendiskusikan berbagai asumsi yang muncul. Langkah-langkah yang dapat dijadikan acuan ketika rapat berlangsung kurang lebih sebagai berikut:

  1. Moderator menjelaskan metode Wideband Delphi,
  2. Moderator mereview dokumen Vision and Scope dan dokumen-dokumen pendukungnya, jika ada anggota tim yang belum membacanya,
  3. Tim mendiskusikan produk yang akan dibuat dengan berbagai asumsinya,
  4. Tim membuat 10 hingga 20 pekerjaan utama sebagai representasi pekerjaan level tertinggi pada WBS,
  5. Tim mendiskusikan estimasi terhadap WBS (jam, minggu, halaman, dll) tersebut hingga mendapatkan kata sepakat.
  6. Individual Preparation

Setelah kicoff meeting tiap anggota berusaha mengestimasi tiap-tiap pekerjaan di dalam WBS secara mandiri. Tahapan ini disebut sebagai Individual Preparation. Sebelumnya, moderator mencatat semua asumsi dan WBS kemudian membagikannya kepada semua anggota tim. Format berikut ini bisa dijadikan acuan untuk mendokumentasikan Individual Preparation.

  1. Estimation Session

Pada rapat ini, anggota tim bersama-sama merevisi estimasi-estimasiyang telah dibuat hingga menemukan kata sepakat. Dokumen berikut dapat dijadikan acuan sebagai contoh untuk membuat dokumentasi selama Estimation Session. Kepada setiap anggota tim akan dibagikan dokumen semacam ini (yang kosong) untuk kemudian direvisi selama jalannya Estimatin Session.

Berikutnya:

  1. Moderator dapat mengumpulkan Estimation Form. Estimasi tersebut kemudian ditabulasikan di papan tulis kemudian ditunjukkan kepada hadiri.

Estimation Form kemudian dikembalikan kepada anggota tim.

  1. Anggota kemudian akan melihat tabulasi tersebut. Jika diskusi meminta perubahan estimasi, maka perubahan tersebut dapat langsung dituliskan pada Estimation Form yang ada di tangan setiap anggota tim.
  2. Anggota tim mungkin akan menyampaikan perbedaanpendapat. Tetapi di dalam rapat ini tidak akan dibahas estimasi individu. Jadi yang mungkin diperdebatkan justru pekerjaannya. Tahap ini mugkin terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama 40 menit dan sesi kedua 20 menit.
  3. Rapat akan merevisi estimasi individu dengan mengisikan kolom Delta berikutnya pada form Estimation Form. Isinya bisa +3, +2, -4 dsb. Nilai total barunya akan dituliskan pada bagian bawah form.

Tahap-tahap di atas dapat berulang hingga selesai, yaitu jika semua anggota tim menyetujui estimasi hasil rapat, atau jika rapat sudah berlangsung selama dua jam.

  1. Review

Project manager akan meringkas, mengkompail kemudian mereview hasil estimasi untuk kemudian digunakan sebagai dasar perencanaan proyek software.

Resource List

Resource list adalah daftar resource/sumber daya yang digunakan selama proyek berlangsung. Daftar ini berisi apa saja yang dibutuhkan berdasarkan jadwal proyek dengan mencantumkan deskripsi resource tersebut serta limit ketersediaan resource tersebut. Daftar semacam ini umumnya dapat dibuat menggunakan software manajemen proyek. Tetapi bisa juga dibuat dengan worksheet atau word processor. Setelah SOW dan Resource List dibuat, seorang project manager harus membuat jadwal proyek (project schedule). Ini bisa dilakukan dengan urutan sebagai berikut:

  1. Membuat Work Breakdown Structure
  2. Estimasi usaha yang dibutuhkan oleh setiap pekerjaan pada WBS
  3. Project schedule dibuat dengan mengalokasikan resource dan waktu, berdasarkan kalender, untuk tiap pekerjaan pada WBS.

Jika WBS mengalami revisi (setelah melakukan estimasi, misalnya), misalnya penambahan, perubahan atau penghapusan pekerjaan, maka revisi ini harus tercatat di dalam dokumen Project Plan dengan disertai dengan keterangan waktu kapan dibuatnya perubahan tersebut.

Work Breakdown Structure

Work Breakdown Structure, disingkat WBS, berisi daftar pekerjaan yang jika diselesaikan akan menghasilkan work product. WBS menyebutkan:

  1. Apa saja pekerjaan yang akan dilakukan,
  2. Tipe-tipe resource yang dibutuhkan untuk bekerja,
  3. Estimasi tiap elemen pekerjaan,
  4. Identifikasi lokasi penyimpanan.

Tetapi tidak mencantumkan:

  1. Siapa yang mengerjakan pekerjaan-pekerjaan itu,
  2. Dan kapan pekerjaan itu akan diselesaikan.

Project Schedule

Project Schedule atau jadwal proyek dibuat oleh project manager untuk mengatur manusia di dalam proyek dan menunjukkan kepada organisasi bagaimana pekerjaan (proyek) akan dilaksanakan. Ini adalah alat untuk memantau (bagi project manager) apakah proyek dan tim masih terkendali atau tidak.

Project schedule berbentuk kalender yang dihubungkan dengan pekerjaan yang harus dikerjakan dan daftar resource yang dibutuhkan. Sebelum jadwal dibuat, WBS harus terlebih dahulu ada, jika tidak maka jadwal tersebut akan terkesan mengada-ada.

Untuk membuat project schedule, ada beberapa software yang bisa dijadikan pilihan. Pilihan software yang gratis dan open source antara lain: Open Workbench, dotProject, netOffice dan Tutos. Beberapa hal perlu diperhatikan ketika membuat project schedule, seperti:

  1. Alokasi resource pada tiap pekerjaan,

Resource bisa berupa berbagai hal seperti manusia, barang, peralatan (komputer, proyektor, dll), tempat (ruang rapat, misalnya) atau layanan (seperti training atau tim pendukung out source) yang dibutuhkan dan mungkin ketersediaannya terbatas. Bagaimanapun juga resource yang utama adalah manusia.

Pertama, project manager akan mengalokasikan orang(-orang) tertentu untuk suatu pekerjaan. Kemudian, selama pekerjaan tersebut berlangsung, orang tersebut mungkin menjadi terlalu sibuk sehingga tidak bisa dialokasikan untuk pekerjaan lainnya. Perhatikan bahwa pemilihan pelaku perlu disesuaikan dengan kemampuan dan berbagai hal lain karena ada pekerjaan yang dapat dilakukan oleh siapa saja, tetapi umumnya pekerjaan hanya dapat dikerjakan oleh satu atau beberapa orang saja.

  1. Identifikasikan setiap ketergantungan,

Sebuah pekerjaan disebut memiliki ketergantungan jika melibatkan aktivitas, resource atau work product yang dihasilkan pekerjaan/aktivitas lain. Contoh: test plan tidak mungkin dilaksanakan selama software belum diimplementasikan/ditulis, program baru dapat ditulis setelah class atau modul dibuat dan dideskripsikan pada tahapan desain.

Tiap pekerjaan pada WBS perlu diberi nomor, dengan angka tersebut bergantung pada nomor pekerjaan syaratnya.

3. Buat jadwalnya

Tiap pekerjaan juga memiliki jangka waktu pekerjaan. Dengan demikian jadwal bisa dibuat, Tiap pekerjaan ditunjukkan dengan kotak, sedangkan ketergantungan antar pekerjaan ditunjukkan dengan gambar panah. Kotak hitam berbentuk wajik antara D dan E (pada gambar di atas) disebut milestone atau pekerjaan tanpa durasi. Milestone digunakan untuk menunjukkan kejadian penting pada jadwal. Sedangkan kotak hitam panjang antara C dan D yang juga mengandung potongan wajik menunjukkan summary task atau dua sub pekerjaan yang memiliki induk yang sama.

Risk Plan

Risk plan adalah daftar resiko/masalah yang mungkin terjadi selama proyek berlangsung dan bagaimana menangani terjadinya resiko tersebut. Bagaimanapun juga ketidakpastian adalah musuh semua rencana, termasuk rencana proyek. Terkadang ada saja waktu-waktu yang tidak menyenangkan bagi proyek, banyak kesulitan terjadi misalnya suatu resource tiba-tiba tidak tersedia. Oleh karenanya risk plan adalah persiapan terbaik menghadapi ketidakpastian.

Langkah-langkah berikut dapat menjadi acuan untuk mendapatkan Risk Plan:

  1. Pembahasan resiko potensial

Project manager akan memimpin sebuah sesi/rapat untuk mengidentifikasikan masalah-masalah yang mungkin akan muncul. Anggota tim akan dipancing untuk mengemukakan resiko-resiko yang terpikirkan. Project manager akan menuliskannya di papan tulis setiap ada yang mengemukakan pendapat yang relevan. Sedikit pendapat mungkin akan muncul pada awalnya, kemudian berlanjut dengan tanggapan yang susul-menyusul hingga akhirnya suasana mendingin sampai akhirnya pendapat terakhir diutarakan.

Resiko yang dimaksud di sini adalah resiko spesifik. Jika suatu resiko dirasa belum spesifik maka project manager akan memancing agar permasalahan disampaikan secara lebih spesifik. Sumber masalah yang baik lainnya adah asumsi-asumsi yang muncul ketika membuat Vision and Scope dan melakukan estimasi dengan metode Wideband Dephi.

  1. Estimasi dampat tiap resiko/masalah

Tim akan memberikan rating untuk setiap resiko. Nilainya berkisar dari 1 (masalah dengan resiko kecil) hingga 5 (masalah dengan resiko besar, kemungkinan munculnya besar, mungkin menghabiskan biaya besar dan sulit untuk membereskannya).

  1. Buat sebuah risk plan

Tim akan mengidentifikasi langkah-langkah yang akan di ambil untuk mengatasi masalah-masalah yang akan muncul tersebut, dimulai dari resiko bernilai 5.

Read More..

Kamis, 13 Oktober 2011

Manfaat dan Kerugian Bermain Game

Jika ditanya “Siapa sih yang nggak kenal game elektronik? Siapa sih yang nggak suka main game elektronik?”. Mungkin mayoritas jawabannya adalah tidak dan suka bermain game elektronik. Memang saat ini game sudah tidak bisa lepas dengan dunia kita sehari-hari, terutama yang masih pelajar. Dapat disimpulkan mayoritas pelajar di Indonesia hoby bermain game, dari jenjang SD hingga perguruan tinggi. Dengan bermain game dapat menurunkan kadar stres dalam otak, atau dapat pula hanya untuk membuang waktu luang agar tidak terasa suntuk.

Ada beberapa keuntungan:
  • Meningkatkan reaktivitas
    Setelah cukup lama bermain video games, saya bisa dengan jelas melihat bahwa waktu saya untuk memberikan reaksi menjadi lebih dan lebih cepat. Anda harus mengawalinya dengan game yang mudah kemudian meningkatkan kesulitannya untuk membangun kekuatan pikiran Anda.
  • Kecerdasan
    Untuk jenis game apapun, Anda harus berpikir. Tidak ada game dimana Anda hanya “bermain.” Semua hal membutuhkan pemikiran. Sering kali Anda dituntut untuk berpikir secara logis agar bisa bermain dengan baik. Baik dalam game peperangan, maupun game menggunakan papan, Anda harus memikirkan langkah-langkah Anda ke depan. Jika Anda melemparkan granat di sini, apa yang akan orang lain lakukan? Dimana seharusnya Anda memperkirakan posisi mereka?
  • Kesenangan
    Siapa yang tidak suka bersenang-senang. Semua orang bisa menemukan sedikit kesenangan dengan cara meledakkan beberapa tank atau mengalahkan si kucing iblis dalam topi. Selalu menyenangkan untuk menyelam ke dalam dunia fantasi, mengabaikan realita selama beberapa waktu, dan hanya menikmati diri Anda dan game itu.
KERUGIANYA
  • Game Onlinebanyaknya game online saat ini membuat banyak pelajar sekolah yang menjadi malas . Karena keseharian mereka hanyalah bermain game online . Seperti saat ini salah satu game terkenal ayodance , telah menjadi salah satu racun yang ada di sekolah reza .

    Hampir 10 orang sudah kecanduan berat dengan ayodance bahkan hingga rela menghabiskan duit mereka . Disini kita lihat banyaknya kerugian yang terdapat bila kita bermain game Online . Bahkan mungkin bila game online semakin diramaikan , Kualitas pendidikan di indonesia akan menurun .


Read More..

Kopi Termahal di Dunia Ada di Indonesia

Indonesia memang punya beragam kopi. Mulai dari kopi Aceh, Kopi Makasar, Kopi Toraja, dan lainnya. Tapi, ada satu kopi asal Indonesia yang mendunia. Yaitu, kopi Luwak. Apa keistimewaannya?

Kopi luwak terkenal dengan harganya yang cukup mahal. Jika Anda ingin menyeruput kopi jenis ini di Jakarta, harga bisa ratusan ribu rupiah per cangkir.

Namun, menurut Oprah Winfrey dalam salah satu episode talkshow-nya, di Amerika, secangkir kopi luwak dihargai mencapai US$50 (Rp 500 ribu). Dan, dalam kemasan dijual sekitar US$600 (Rp 60 juta) per 4,5 kg. Itulah sebabnya kopi ini dijuluki kopi termahal di dunia.

Alasan kopi ini mahal dan istimewa, karena proses menjadi kopinya yang unik. Kopi luwak adalah biji kopi yang ditemukan pada kotoran luwak, sejenis hewan tupai yang banyak hidup di pinggir hutan dekat perkebunan kopi.

Luwak (Paradoxurus hermaphroditus) disuguhi biji kopi robusta

Secara alamiah, luwak mempunyai insting memilih biji kopi yang benar-benar masak dan patut dimakan. Di dalam pencernaan luwak, biji kopi mengalami reaksi kimiawi dengan enzim pencernaan luwak. Proses inilah yang memberikan rasa berbeda pada kopi luwak.

Nah, dari kotoran luwak tersebutlah biji kopi yang utuh yang akan diproses menjadi kopi luwak. Dan, menjadi secangkir kopi luwak yang nikmat beraroma kuat.

Tertarik untuk mencobanya?

Read More..

12 Fakta Menarik Tentang Tertawa

http://media.rd.com/rd/images/rdc/mag0709/men-women-laugh-out-loud-01-af.jpg

Tahukah Anda manfaat dan fakta aneh dibalik tawa? Berikut 12 fakta di balik tawa seperti dilansir situs Genius Beauty,

  1. Bayi tidak bisa tertawa sampai mereka mencapai usia tiga bulan
  2. Tertawa selama 10-15 menit bisa membakar banyak kalori
  3. Tertawa mampu mengeluarkan udara di dalam paru-paru dengan kecepatan 60 mph
  4. Ada 17 otot wajah yang digunakan untuk tersenyum, sedangkan mengerutkan kening butuh 47 otot wajah
  5. Seseorang yang sering tertawa bahagia memiliki risiko penyakit jantung 40 persen lebih rendah dibanding orang yang murung
  6. Percayakah Anda, ada tanaman yang disebut bunga tawa. Begitu melihatnya Anda akan tertawa seperti orang gila selama setengah jam
  7. Tertawa 17 menit per hari dipercaya memperpanjang waktu hidup selama satu hari
  8. Rata-rata anak berusia enam tahun tertawa 300 kali sehari. Ketika kita tumbuh tua kita tersenyum dan tertawa hanya 15 kali sehari.
  9. Senyuman pelayan bisa membuat pelanggannya memberikan tips tambahan.
  10. Baik untuk perut, jika Anda tertawa selama satu jam tanpa henti.
  11. Dengan tersenyum. Model iklan american Gordon Todd menikmati senilai $ 4.000
  12. Orang yang tinggal di Brazil dan Kuba lebih banyak tersenyum dibandingkan dengan mereka yang tinggal di Skandinavia.

Read More..

Rabu, 12 Oktober 2011

6 Larangan Dalam Tidur

Manusia dapat bertahan 2 minggu tanpa makan, tetapi hanya bertahan 1 minggu saja tanpa istirahat. Tidur adalah waktu istirahat yang sangat baik, dgn tidur organs tubuh kita dapat beristirahat. Kekurangan tidur dapat merusak organ dan otak kita.

Ada 6 LARANGAN DALAM TIDUR :

1. JANGAN TIDUR MENGENAKAN JAM TANGAN
Jam bisa menimbulkan radioaktif, walaupun hanya sedikit, tapi kalau terlalu lama memakainya bisa berbahaya.

2. JANGAN TIDUR MEMAKAI BH
Para ilmuwan di Amerika mensinyalir bahwa pemakain BH diatas 12 jam, dpt mengakibatkan Kanker Payudara

3. JANGAN TIDUR MEMBAWA TELP ANDA KE RANJANG
Gelombang Medan magnet yang ditimbulkan oleh alat electronik ini, dapat merusak system syaraf kita

4. JANGAN TIDUR MASIH MENGENAKAN MAKE-UP
Hal ini dapat menimbulkan masalah pada kulit kita, karena kulit tdk dpt bernafas

5. JANGAN TIDUR DENGAN ISTRI ORANG
Jangan2 anda tidak bakalan bangun lagi (karena dibunuh suaminya)

6. JANGAN COBA-COBA JADI POLISI TIDUR, APALAGI DI JALAN TOL
Pikir aja sendiri, kenapa jangan..

Read More..

10 Cara Olahraga Otak

Olahraga otak sama pentingnya dengan olahraga tubuh. Dengan olahraga otak, akan terbentuk saraf baru yang dapat melindungi terhadap gejala demensia atau kepikunan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk olahraga otak.

Berikut 10 cara melatih atau olahraga otak:

  1. Membiasakan aktif menjadi kidal (aktif tangan kiri) dan juga kanan

    Kidal [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak

    Lakukan tugas dengan tangan non-dominan, jika biasanya dominan tangan kanan maka gunakan tangan kiri (kidal) dan sebaliknya. Contohnya saat menggunakan mouse komputer, menyikat gigi dan mengikat sepatu dengan arah yang berlawanan. Menurut Franklin Institute, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.


  2. Membaca

    belajar membaca [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak

    Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan ringan (seperti komik atau majalah) maupun bacaan untuk informasi. Dan menurut studi Dr Nikolaos Scarmeas padaa tahun 2001, membaca dapat membantu membangun ‘cadangan kognitif’ untuk menunda timbulnya demensia.

  3. Bermain puzzle atau teka-teki silang

     [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak

    Teka-teki silang, puzzle, Sudoku dan jenis puzzle lainnya, dapat melatih otak khususnya otak kiri, menurut pusat pelatihan kognitif LearningRx. Tambahkan strategi baru untuk mengefektifkan latihan otak, misalnya memecahkan teka-teki silang dengan tema yang tidak biasa.

  4. Bermain permainan strategi

    ist2 198531 chess knights of war [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak

    Permainan strategi seperti catur, monopoli atau game komputer lainnya, akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.

  5. Ubah rutinitas

    Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center, mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Latihan yang bisa dilakukan misalnya, mandi dengan mata tertutup atau mengatur ulang kantor atau meja.

  6. Belajar bahasa asing

    nyr learn language [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak

    Dengan belajar bahasa asing akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak Anda mulai berbicara. Sebuah studi tahun 2007 di York University di Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

  7. Menikmati musik

     [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak

    Selain mendengarkan musik, belajar juga untuk memainkan instrumen musik. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indera sekaligus, seperti mendengarkan musik dan mencium bunga.

  8. Latihan fisik

    50 [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak

    Latihan fisik juga dapat meningkatkan kesehatan otak, karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Menurut Stanford Center on Longevity and the Max Planck Institute for Human Development, latihan fisik dapat meningkatkan perhatian, penalaran dan memori.

  9. Hidup sosial

    social media [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak

    Otak dapat dilatih dengan menjalani kehidupan sosial Anda, misalnya dengan mengunjungi teman. Sebuah studi 2006 oleh Dr David Bennett dari Rush University Medical Center menemukan bahwa memiliki jaringan sosial dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis penyakit Alzheimer.

  10. Mencari hobi baru

    new hobbies crafts [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak

    Tantang otak untuk belajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Jika Anda bukan seniman, cobalah untuk belajar melukis atau memahat. Jika Anda bisa bermain piano, belajarlah memainkan gitar. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak tetap aktif.

Read More..

Membuat restore point pada windows7

Jika anda ingin menginstal software atau aplikasi ke komputer atau laptop tetapi anda masih takut apakah software itu akan bekerja secara benar atau mungkin justru bisa merugikan komputer anda itu sendiri. Mungkin cara ini patut anda coba yaitu dengan cara membuat restore point, cara ini berguna untuk membuat titik balik atau pemulihan ketika komputer anda belum terinstal oleh aplikasi. Caranya cukup sederhana sekali, seperti dapat anda lihat seperti di bawah ini :
  1. Buka start - Computer - Properties

  2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, pilih System Protection
  3. Sekarang didalam menu system protection anda dapat melihat tampilah seperti dibawah ini. Disini anda klik drive C, kemudian pilih "create" untuk membuat nama restore point anda. Setelah memasukan nama pilih create.
  4. Selanjutnya tunggu hingga proses restore point selesai.



    Semoga Bermanfaat...


Read More..

Rabu, 05 Oktober 2011

Internet Banking


Ini merupakan tugas softskill bagian yg kedua yaitu membahas tentang internet banking. Akan diulas menganai pengertian, contoh dan keuntungan/kerugian apabila kita menggunakan internet banking. Mungkin internet banking sudah menjadi tren masyarakat di dunia untuk menjalankan transaksi perbankannya, tetapi di indonesia sendiri internet banking belum terlalu populer. Masih banyak masyarakat indonesia yang masih manggunakan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) daripada Internet Banking.

Apa itu Internet Banking?

Internet Banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web. Mirip dengan penggunaan mesin ATM, lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya.
Contoh layanan yang disediakan pada internet banking :

Transfer Dana
Transfer antar Rekening
Transfer antar Bank Domestik
Daftar Transfer Terjadwal
Pembayaran
Telkom & Telepon CDMA
Telepon GSM
Internet
Kabel TV
Kartu Kredit
Listrik
Angsuran
Asuransi
Pendidikan
Airlines
Autodebit
Lain-lain

Pembelian
Pulsa Telepon CDMA
Pulsa Telepon GSM
Tiket
Penempatan Deposito Berjangka

Informasi Rekening & Kartu Kredit
Rek. Tabungan & GIRO
Posisi Saldo
Histori Transaksi
Daftar Rekening
Rek. Deposito
Rek. Pinjaman
Informasi Kartu Visa

Fasilitas Layanan
Status Cek
Layanan Notifikasi SMS
Informasi Suku Bunga
Informasi Kurs


Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Internet Banking?

Tentu semua teknologi mempunyai keuntungan dan kerugian tersendiri, yaitu :

* Keuntungan
  1. Dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun.
    Maksudnya kita dapat melakukan transaksi meskipun bank telah tutup,karena kita melakukannya dari rumah sedangkan dimanapun artinya kita dapat melakukan transaksi di indonesia meski kita telah berada di luar negeri.
  2. Lebih Cepat dan Efisien
    Dengan menggunakan internet banking semua transaksi akan lebih cepat dan efisien. Dengan hanya duduk di rumah kita sudah bisa melakukan transaksi tanpa harus menunggu dan antri jika kita datang langsung di bank. Selain itu lebih cepat karena pada saat kita membutuhkan tinggal online dan klik transaksi apa saja yang akan kita butuhkan.
* Kerugian

Jika akses internet yang Anda gunakan lebih murah sebaiknya gunakan saja internet banking, namun untuk aktivitas finansial kita harus lebih hati-hati. Karena rentan terhadap cracking dan berbagai masalah lainnya, seperti terputusnya aliran listrik, atau gagal koneksi. Pastikan Anda mengakses alamat ibank Anda melalui alamat yang benar dan diawali dengan https bukan http, gunakan virtual keyboard untuk menghindari keylog, dan pasang antispyware di PC/Laptop Anda. Kelebihan lainnya, pembayaran dapat dilakukan secara terjadwal dan mudah tentunya.

Read More..

Senin, 03 Oktober 2011

Film Kocak Tukul

THE KULFATHER

OTOMATIS HUMORIS

PIRATES OF COOL E BEAN

KASINO ROYAL SAMA TUKUL

THE PURSUIT TUKUL

TOO7


POCONGNYA GIGI

ONE MISSED KULL
SPIDERKULMAN

TUKULMAN RETURNS


TOO FAST TOOCOOLRIOUS

Read More..

Sabtu, 01 Oktober 2011

Recoveri Data Menggunakan Undelete Plus


Tak sengaja menghapus file dari komputer? Atau ingin melihat gambar-gambar di USB flash drive yang telah dihapus anak? Bagaimana jika foto bagus di kamera digital yang belum ditransfer itu tidak sengaja terhapus? Tenang saja!

Di bidang forensik komputer, memulihkan data yang dihapus atau dirusak dari komputer merupakan pekerjaan mudah asalkan hardisk masih dalam kondisi baik. Jadi, jangankan cuma file, surat rahasia dari pejabat yang sudah dihapus, data yang telah diformat pun masih bisa ”dihidupkan” kembali.

Kini seiring kemajuan perangkat lunak (software) dan makin terbukanya kebebasan berbagi pengalaman melalui internet, pekerjaan memulihkan data tidak lagi pekerjaan berat. Seorang anak sekolah dasar asal memiliki software untuk memulihkan data, hanya dengan beberapa kali klik, bisa mendapatkan kembali file yang terhapus.

Pada sistem operasi Windows, ketika file dihapus, sebenarnya file itu tidak langsung hilang. Windows bahkan menyediakan fasilitas Recycle Bin yang bisa memulihkan (restore) file yang telah dihapus.

Bagaimana jika file di recycle bin itu sudah dihapus permanen? Jawabannya tetap sama: file masih tetap bisa dipulihkan. Pekerjaan memulihkan file yang telah dirusak atau dihapus ini termasuk pekerjaan ”forensik” yang mengasyikkan dan bisa dibilang mudah.

Mengasyikkan karena dengan proses itu kita berharap-harap cemas untuk mendapatkan banyak file berarti. Dikatakan mudah karena sekarang ini sudah tersedia banyak tools, terutama software yang mudah didapatkan, baik gratis maupun berbayar.

Pekerjaan memulihkan data ini sudah lama ditekuni, bukan saja oleh para pencari bukti kriminal, tapi juga teknisi komputer. Bagi teknisi komputer, memulihkan data ini sama mudahnya seperti meng-install software yang sehari-hari mereka lakukan.

Banyak yang tidak tahu bagaimana memulihkan file yang telah dihapus dari recycle bin karena Windows sendiri memberi tahu kalau sudah dihapus dari recycle bin berarti sudah dihapus permanen. Sebenarnya, ketika file dihapus dari recycle bin, Windows hanya memberi tahu kalau ruang disk yang dipakai file tadi bisa digunakan kembali. Jika ruangan kosong itu ditimpa file baru, kemungkinan memulihkan file memang lebih berat, tapi tetap masih bisa diatasi oleh software berbayar.

”Software” gratis

Hanya dengan mengandalkan mesin pencari, misalnya Google, dengan mengetikkan kata kunci, seperti ”free recovery data”, akan muncul banyak alternatif perangkat lunak yang bisa digunakan. Salah satu yang ditemukan adalah Undelete Plus.

Software Undelete Plus ini sebenarnya tidak gratis, tapi dibanderol dengan harga 29,95 dollar AS. Hanya, saat dikunjungi, perangkat lunak tersebut sedang memberi penawaran gratis untuk kepentingan individual yang nonprofit. Di pengumuman situs Undelete Plus disebutkan, penawaran gratis itu terbatas waktunya, tapi tidak disebutkan sampai kapan berlaku.

Selain gratis, hebatnya file instalasi software ini hanya sebesar 851 kb. Dengan besaran file kurang dari 1 MB dan fungsi yang begitu bermanfaat, tak bisa dimungkiri perangkat lunak ini banyak mendapatkan penghargaan dari berbagai lembaga. Perlu disampaikan juga, software-software serupa biasanya memiliki ukuran file hingga ratusan MB sehingga susah untuk diunduh dari Indonesia.

Selain berjalan normal untuk memulihkan file yang telah dihapus di komputer, software ini juga bisa digunakan untuk menghidupkan kembali file-file di USB flash drive atau di compact flash yang digunakan kamera digital.

Pada tes yang dilakukan untuk memulihkan file-file di komputer, file yang telah dihapus tahun 2004 pun masih sempat nongol dan bisa dipulihkan. Harus dipahami, tak semua file yang telah dihapus berhasil dipulihkan karena sektor yang dipulihkan itu telah terisi oleh file lain.

Pada uji coba di USB flash drive yang baru dibeli sekitar enam bulan yang lalu, semua file yang pernah ada di USB flash itu masih bisa dipulihkan. Bahayanya, file-file dari virus ternyata juga bisa dipulihkan dan bisa menginfeksi ulang.

Kehilangan foto secara tak sengaja, misalnya menghapus file yang salah, baik menghapus dari kamera digital maupun dari komputer, juga masih bisa dipulihkan. Hanya, ketika media penyimpanan digital (misalnya Compact Flash) itu sudah diformat oleh kamera, software Undelete Plus tak mampu memulihkan.

Undelete Plus bisa berjalan pada sistem operasi Win 95/98/Me/NT/2000/XP/2003/Vista. Program ini mendukung semua sistem file Windows FAT12/16/32,NTFS/NTFS5 dan juga bisa memulihkan gambar yang telah dihapus pada media compact flash, SmartMedia, MultiMedia, dan secure digital.

”Software” berbayar

Pada software berbayar, kemampuan memulihkan data, baik pada sistem operasi Windows, Mac, Linux, maupun Novell, semakin mengagumkan. Di Indonesia para teknisi komputer sudah lama akrab dengan perangkat lunak ini.

”Kami sering menggunakan software Get Data Back. Software ini hebat sekali karena bisa memulihkan berbagai jenis data yang telah dihapus permanen. Saya juga pernah menggunakan perangkat lunak Tiramisu, tapi kemampuannya tak sehebat Get Data Back,” kata Hasan Thawil, teknisi jaringan komputer.

Hasan pernah mencoba memindai hardisk yang sudah lima kali diformat, hasilnya mengejutkan. ”Saya masih bisa mendapatkan file lama, padahal hardisk itu sudah lima kali saya format,” ujarnya.

Get Data Back ini dibanderol dengan harga bervariasi. Untuk NTFS Data Recovery dan FAT Data Recovery harganya 49 dollar AS. Get Data Back juga bisa memulihkan e-mail yang telah dihapus, MS Outlook Recovery, misalnya, dibanderol 29 dollar AS.

Pemulihan data yang dilakukan meliputi data yang telah terhapus, hilang dan tak bisa diakses, serta file yang rusak. Dengan banyaknya alat bantu ini, peluang untuk mendapatkan berbagai bukti digital dari komputer untuk kepentingan penyidikan semakin tinggi dan semakin menyenangkan.

Read More..