Pada kesempatan kita akan mencoba membangun suatu interaksi antara client dan server dalam suatu computer. Pada percobaan ini kita hanya menggunakan 1 komputer saja, karena hanya program sederhana dan hanya untuk pembelajaran. Program ini mempunyai dua coding yang berbeda yaitu simpleServer.java dan simpleClient.java. Keduanya kita buat pada sebuah notepad dengan nama berbeda. Masing-masing listingnya adalah sebagai berikut : Coding simpleServer.java : import java.io.*; import java.net.*; public class simpleServer { public final static int TESTPORT = 5000; public static void main(String args[]) { ServerSocket checkServer = null; String line; BufferedReader is = null; DataOutputStream os = null; Socket clientSocket = null; try { checkServer = new ServerSocket (TESTPORT); System.out.println("Aplikasi Server hidup... "); } catch (IOException e) { System.out.println(e); } try { clientSocket = checkServer.accept(); is = new BufferedReader (new InputStreamReader(clientSocket.getInputStream())); os = new DataOutputStream(clientSocket.getOutputStream()); } catch (Exception ei) { ei. printStackTrace(); } try { line = is.readLine(); System.out.println ("Terima : " + line); if (line.compareTo("salam") == 0 ) { os.writeBytes("salam juga"); } else { os.writeBytes("Maaf, saya tidak mengerti"); } } catch (IOException e) { System.out.println(e); } try { os.close(); is.close(); clientSocket.close(); } catch (IOException ic) { ic.printStackTrace(); } } } Coding simpleClient.java : import java.io.*; import java.net.*; public class simpleClient { public final static int REMOTE_PORT = 5000; public static void main (String args[]) throws Exception { Socket cl = null; BufferedReader is = null; DataOutputStream os = null; BufferedReader stdin = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); String userInput = null; String output = null; // Membuka koneksi ke server pada port REMOTE_PORT try { cl = new Socket(args[0], REMOTE_PORT); is = new BufferedReader(new InputStreamReader(cl.getInputStream ())); os = new DataOutputStream(cl.getOutputStream()); } catch(UnknownHostException e1) { System.out.println("Unknown Host: " + e1); } catch (IOException e2) { System.out.println("Erorr io: " + e2); } // Menulis ke server try { System.out.print("Masukkan kata kunci : "); userInput = stdin.readLine() ; os.writeBytes(userInput + "\n"); } catch (IOException ex) { System.out.println("Error writing to server... " + ex); } // Menerima tanggapan dari server try { output = is.readLine() ; System.out.println("Dari server: " + output); } catch (IOException e) { e.printStackTrace() ; } // close input stream, output stream dan koneksi try { is.close(); os.close(); cl.close(); } catch (IOException x) { System.out.println("Error writing...." + x); } } Tampilan diatas menunjukan bahwa server telah berhasil dibuat dengan adanya informasi “aplikasi hidup” dan server telah mendapat pesan yang berbunyi “salam”.